Friday, October 16, 2009

Mengembalikan Jati Diri Bangsa dalam blog indonesia ini saya artikan sebagai mengembalikan lagi identintas atau jati diri bangsa indonesia yang kian menghilang. Sebagai sebuah bangsa yang besar Negara Indonesia tentu banyak memilik identitas yang menjadi ciri khas dan menjadi kebanggaan bangsa ini. Baik itu identitas yang berkaitan dengan pesonan alamnya, kekayaan hayati, keanekaragaman seni dan budaya, atau lainnya. Menurut saya identitas atau jati diri yang terpenting dari sebuah bangsa adalah bagaimana menjaga keutuhan dari kesatuan bangsa ini agar tidak terpecah belah dengan dilandasi  dengan semangat persatuan dan kesatuan bangsa dengan pedoman kemanusiaan yang adil dan beradab.


Hal ini sesuai dengan bunyi sila Pancasila yang ke 2. Apabila menusia sudah memiliki sifat keadilan dan arif dalam menyikapi segala sesuatu tentu lebih mudah menciptakan manusia yang beradab di negeri ini. Sehingga di negeri Indonesia ini tidak ada lagi tindakan tindakan anarkisme, brutal, otoriter dan hal hal kekerasan lainnya akibat dari tindakan yang tidak adil. Dahulu kala Indonesia terkenal memiliki jati diri atau identitas sebagai negara yang berbudaya dan berbudi pekerti luhur.

Namun karena akibat perkembangan jaman budaya indonesia yang luhur ini nampaknya akan bergeser menjadi sebuah negara yang senang mengadopsi kebudayaan asing. Mulai hilangnya rasa cinta terhadap kebudayaan sendiri inilah cikal bakal mulai hilangnya jati diri bangsa ini. Bagaimana anak anak muda kini lebih bangga dengan yang namanya berbau asing, berbau import. Dengan bangga mereka mengatakan bahwa ini lho yang aku pakai buatan import. lebih banyak menyukai yang berbau kebarat baratan tanpa di imbangi dengan pelestarian dan kecintaan terhadap budaya sendiri tentu lama lama dapat berakibat hilangnya jati diri bangsa ini.

Untuk itu perlulah kiranya usaha dari setiap individu dari penduduk indonesia ini untuk turut serta berperan mengembalikan jati diri bangsa ini sebelum jati diri bangsa ini benar benar hilang digeser oleh kebudayaan asing. Mengembalikan jati diri bangsa adalah tanggung jawab semua elemen masyarakat indonesia. Dengan mencintai apa yang ada di negeri ini rasanya perlahan jati diri bangsa ini dapat di kembalikan lagi. Negara indonesia akan lebih berkibar lagi dan akan di kagumi oleh bangsa lain karena indonesia memiliki banyak keunikan, keindahan alam, kekayaan alam, dan aneka ragam keunggulan lainya di banding negara lain. Jangan sampai apa yang ada di Indonesia ini di akui oleh bangsa lain seperti pengakuan negara Malaysia terhadap kebudayaan yang sebenarnya asli berasal dari negeri ini. Dengan bersatu mengembalikan jati diri bangsa ini saya yakin Indonesia akan berkibar lagi dan lebih di kenal oleh bangsa lain karena Indonesia adalah negeri sejuta pesona.

Baca juga artikel ini

mencari blogpreneur sejati
kenali dan kunjungi obyek wisata di pandeglang
wisata indonesia
tips trik blogging dengan blogspot
Budaya Indonesia

0 Comments:

Post a Comment



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

FREE HOT VIDEO | HOT GIRL GALERRY