Wednesday, February 9, 2011

Hari Pers Nasional 2011 Sambutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) Pers Jangan Bosan Mengontrol Penguasa - Hari puncak Pers Nasional di Indonesia di langsungkan di Kupang, propinsi Nusa Tenggara Timur. Perayaan tersebut di hadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Apa yang di sampaikan oleh Presiden SBY di Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2011 ini?

Pers perlu terus mengontrol jalannya kekuasaan agar tidak korup dan dimanfaatkan secara berlebihan. Kontrol yang dilakukan oleh pers, memungkinkan kekuasaan itu dijalankan baik dan benar.

Pasalnya, penguasa cenderung melakukan penyimpangan. Jika kekuasaan itu amat absolut, penyimpangan yang terjadi semakin besar.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan itu ketika memberikan sambutan pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2011 di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu (9/2). Presiden menekankan perlunya kontrol pers guna menjaga keseimbangan pemerintahan, menciptakan stabilitas politik dan keamanan. Kekuasaan tidak boleh berjalan tanpa kontrol. Kekuasaan mesti dikontrol oleh kekuasaan yang lain," katanya.

Menurut Presiden, kekuasaan yang terkosentrasi pada eksekutif dan militer, disebabkan check and balance kurang berjalan dengan baik. Di masa sekarang, presiden dan pemerintah bukan satu-satunya kekuasaan. Kekuasaan ada di banyak tempat seperti parlemen, lembaga swadaya masyarakat, pers dan masih banyak lagi. "Saya berpendapat, siapa pun pemegang kekuasaan, harus digunakan secara tepat dan tidak salah gunakan," katanya.

HPN 2011 ini dihadiri sejumlah kabinet Indonesia Bersatu, Ketua DPR, Ketua Mahkamah Konstitusi, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ketua Dewan Pers, dan sejumlah gubernur. Hadir pula undangan dari perwakilan PWI dari seluruh Indonesia. Acara diawali laporan Ketua PWI Margiono yang menyebutkan, pers Indonesia sangat prihatin terhadap kondisi bangsa yang
masih jauh tertinggal dari bangsa lain.

Untuk itu, ia minta pers harus membangun optimisme untuk mencari solusi bagi persoalan yang masih membelenggu bangsa.

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2011/02/09/202160/18/1/Pers-Jangan-Bosan-Mengontrol-Penguasa

0 Comments:

Post a Comment



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

FREE HOT VIDEO | HOT GIRL GALERRY