Sunday, February 13, 2011

Hosni Mubarak Mundur - SBY Pernah Sarankan Presiden Hosni Mubarok Mundur : Orang yang paling berkuasa di Mesir yakni Hosni Mubarak telah turun tahta sebagai pemimpin pada hari Jum'at 11 februari 2011.

Hosni Mubarak Mundur sebagai pemimpin negeri piramid pada Jumat (11/2). Sebelum itu, Presiden SBY telah menyurati Mubarak agar melakukan transisi seperti Indonesia pada 1998 dan mundur dari posisinya sebagai Presiden Mesir.

"SBY telah mengirim surat secara pribadi kepada Mubarak, agar transisi demokrasi yang bergulir di Mesir meniru pengalaman Indonesia, yaitu beliau mundur sebagai presiden, wakil presiden otomatis akan dilantik menjadi presiden untuk menjalankan pemerintahan sementara," ujar Ketua DPR yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina PD, Marzuki Alie, kepada detikcom, Minggu (13/2/2011).

Marzuki menuturkan surat tersebut dibawa oleh utusan khusus Hassan Wirajuda dan diserahkan langsung kepada Mubarak.

Selain menyarankan agar Presiden Mubarak segera melakukan transisi pemerintahan, SBY juga menyarankan agar segera membentuk badan independen pelaksana pemilu. Badan ini akan digunakan untuk pemilu demokratis pertama kali di Mesir.

"Pak SBY juga menyarankan untuk membentuk KPU yang beranggotakan semua unsur yang ada untuk melaksanakan Pemilu," papar Marzuki.

Usaha tersebut, menurut Marzuki, dilakukan Presiden SBY sebagai bentuk pengalaman UUD 1945 yaitu Indonesia wajib ikut memelihara perdamaian dunia.

"Sesuai amanat konstitusi, Pembukaan UUD 45, SBY sebagai presiden telah melakukan upaya
ikut dalam usaha perdamaian dunia," tandasnya.

Pada Senin 7 Februari, SBY menjelaskan suratnya kepada Presiden Mubarak sebagai langkah berbagi pengalaman bagaimana terjadinya proses reformasi di Indonesia.

"Seraya menghormati kedaulatan Mesir, seraya pula memberikan dorongan agar bangsa Mesir bisa atasi permasalahan dalam negerinya dengan bijak dan tepat, menghindari korban dan kekerasan yang tidak semestinya terjadi. Maka sebagai negara sahabat, saya inisiatif ambil surat yang ditujukan untuk pemerintah Mesir," ujar Presiden SBY dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Indonesia, imbuh SBY, pernah mengalami hal yang sama dengan yang dialami Mesir saat ini yaitu reformasi dan transisi demokrasi.

"Isinya tiada lain keinginan Indonesia untuk share, ketika Indonesia mengalami 12 tahun lalu kemudian berhasil transisi demokrasi, bawa perubahan, berakhir tata pemerintahan sebelumnya ke tata pemerintahan yang baru. Yang penting message, pandangan bisa sampai, jadi perbandingan," jelas SBY. (detiknews.com)


0 Comments:

Post a Comment



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

FREE HOT VIDEO | HOT GIRL GALERRY