Monday, February 14, 2011

Maulid Nabi Muhammad Saw Dan Sejarah Maulud Nabi - Maulid Nabi Muhammad Saw tahun 2011 ini jatuh pada hari selasa 15 februari 2011. Hari Maulid Nabi Muhammad merupakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam penanggalan tahun Hijriyah Maulud Nabi jatuh setiapa tanggal 12 Rabiul Awal.

Dalam bahasa arab kata maulid atau juga di sebut milad berarti hari lahir. Perayaan hari Maulid Nabi adalah sebuah tradisi dan sudah berkembang dikalangan umat Islam. Perayaan atau peringatan Maulid Nabi merupakan kegembiraan dan penghormatan yang di tujukan kepada Nabi Muhammad Saw.

Tapi apakah kita sebagai umat Islam tahu sejarah dari Perayaan Maulid Nabi Saw? Awalnya peringatan Maulid nabi diperkirakan dan di diperkenalkan oleh seorang yang bernama Abu Said al-Qakburi, yaitu seorang gubernur Irbil, di Irak yaitu pada masa pemerintahan Sultan Salahuddin Al-Ayyubi terjadi pada tahun 1138-1193.

Adapun tujuan di adakan peringatan Maulid Nabi adalah untuk membangkitkan rasa cinta kepada Rosul Muhammad SAW, di samping itu juga untuk meningkatkan semangat juang kaum muslimin di mana sedang terlibat dalam Perang Salib melawan pasukan Kristen Eropa untuk memperebutkan kota Yerusalem dan sekitarnya.

Walaupun ada perbedaan pendapat tentang perayaan Maulid Nabi karena di nilai bid'ah karena bukan merupakan suatu ajaran dari Nabi Muhammad, Tapi sepenjang untuk meningkatkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad Saw, dan bisa meningkatkan Iman kepada Allah dan Rosul Muhammad mengapa harus di perdebatkan? Apalagi untuk sekarang ini, dimana kebanyakan umat islam lebih memperhatikan perayaan yang datang dari luar seperti hari Valentine. Di langsungkannya perayaan Maulid Nabi saja banyak yang lupa dan tidak tahu kapan hari lahir Nabi Muhammad Saw, apalagi kalau didak pernah di adakan peringatan?

0 Comments:

Post a Comment



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

FREE HOT VIDEO | HOT GIRL GALERRY